Sunday, July 23, 2023

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Dan Modul Ajar (MA) Pendidikan Pancasila Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Dunia pendidikan dihiasi dengan perubahan Kurikulum yang diterapkan di satuan pendidikan, Kurikulum Merdeka (Kumer) saat ini akan diterapkan di setiap satuan pendidikan untuk menggantikan Kurikulum 2013.

Antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pasti ada sedikit perbedaan istilah dalam perangkat pembelajaran, dalam Kurikulum 2013 kita kenal dengan perangkat pembelajaran seperti Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sedangkan dalam Kurikulum merdeka kita akan dikenalkan dengan perangkat pembelajaran seperti Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar (MA) yang akan dijadikan perangkat pembelajaran bagi setiap guru di satuan pendidikan yang menerapkan Kurikulum Merdeka.



Kurikulum Merdeka sebelumnya diterapkan bertahap di satuan pendidikan, artinya hanya beberapa sekolah saja yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Tapi untuk Tahun 2023 di semester gasal ini semua sekolah diwajibkan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. 

Bagi sekolah yang baru menerapkan Kurikulum Merdeka tentu saja sedikit membuat gurunya harus berjuang keras untuk memahami bagaimana untuk menjalankan pembelajaran menggunakan Kurikulum Merdeka. Tapi bagi sekolah yang sudal menerapkan Kurikulum Merdeka dari tahun sebelumnya sudah sedikit memahami cara melaksanakan Kurikulum Merdeka di Sekolahnya.

Dengan diwajibkannya setiap sekolah menerapkan Kurikulum Merdeka tentu saja menjadi tantangan baru bagi setiap guru disetiap sekolah. Karena di Kurikulum Merdeka, peserta didik akan menerapkan merdeka belajar, artinya setiap peserta didik bisa belajar sesuai dengan keinginannya. Selain itu peserta didik memiliki cukup waktu untuk memahami konsep dan menguatkan kompetensinya.

Menurut definisinya, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrkulikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu dan dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Dalam kurikulum merdeka juga terdapat projek yaitu tujuannya untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh Pemerintah. Projek tersebuttidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten pembelajaran.

Dalam artikel ini admin akan berbagi perangkat pembelajaran seperti: Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar (MA). Perangkat pembelajaran ini bisa digunakan oleh para guru agar kegiatan pembelajaran di ruang kelas bisa terarah.

Bagi bapak/ibu guru yang menginginkan contoh Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 7, bisa mendownload melalui link dibawah ini !

Link Download ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 7 (tujuh) Kurikulum Merdeka.

Link : ATP

Link Download Modul Ajar (MA) Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 7 Kurikulum Merdeka:

1. Modul Ajar Bab I

2. Modul Ajar Bab II

3. Modul Ajar Bab III

4. Modul Ajar Bab IV

5. Modul Ajar Bab V

6. Modul Ajar Bab VI



No comments:

Post a Comment

FORMAT DOKUMEN PENGELOLAAN KINERJA GURU DAN KEPALA SEKOLAH

Bapak dan Ibu Guru, saat ini kita disibukan dengan kegiatan mengerjakan Pengelolaan Kinerja di PMM, dimana kita harus melakukan observasi da...