Friday, July 21, 2023

Kabar Baik Pemerintah Akan Rekrut ASN PPPK 2023 Sebanyak 1.030.000 Lebih

Menurut Menpan-RB yaitu Bapak Abdullah Azwar Anas, yang admin kutip dari channel youtube: CNBC Indonesia-13 Juli 2023, Bahwa Perekrutan ASN PNS dan ASN PPPK Tahun 2023 tidak ada kaitannya dengan Pemilu 2024. Menurut Menpan-RB perekrutan ASN PPPK sudah direncanakan dengan waktu yang panjang. Menpan-RB sudah melakukan konsolidasi perbaikan data, karena ada anomali data yang sangat besar terkait ASN di seluruh Indonesia dan perbaikan datanya sudah mencapai 98%, sehingga Menpan-RB bisa membuat perencanaan 5 sampai dengan 10 tahun kedepan terkait rekrumen ASN.

Ada dua prioritas penting terkait rencana rekrutmen ASN PPPK pada tahun 2023, prioritas tersebut yaitu disektor pendidikan dan kesehatan, artinya Menpan-RB untuk tahun 2023 akan mengangkat honorer jadi ASN PPPK yang diprioritaskan dari Tenaga sektor kesehatan dan sektor pendidikan. Karena kedua prioritas tersebut langsung bersentuhan dengan masyarakat. 

Untuk tahun 2023 ini Menpan-RB merencanakan akan mengangkat ASN PPPK sebanyak 1.030.000 lebih yang sudah diusulkan ke Kementerian Keuangan, namun masih ada beberapa Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah belum mengusulkan dan Menpan-RB sudah meminta dan memberikan afirmasi kepada Kementerian Lembaga dan Pemerintah daerah untuk segera mengusulkan.

Menpan-RB juga mengatakan banyak dari tenaga honorer yang sudah mengabdi mulai dari 15 sampai dengan 20 tahun bahkan lebih belum diangkat jadi ASN PPPK, dan ini kan jadi prioritas Menpan-RB.

Menpan-RB memutuskan atas saran dari Presiden dan banyaknya masukan kepada Menpan-RB, bahwa di tahun 2023 pemerintah akan merekrut 80% adalah PPPK. Menpan-RB akan menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR) di tahun 2023 dan tahun 2024. Menpan-RB ingin merekrut ASN terpilih untuk sekarang dan kedepan nanti. Karena Presiden menyarankan perekrutan ASN harus memiliki SDM terpilih. Intinya pemerintah melalui Menpan-RB ingin menuntaskan rekrutmen honorer jadi ASN PPPK di tahun 2023 ini.

Dan dalam pererutan ASN PPPK untuk tahun 2023 ini menurut Menpan-RB tidak ada pengunduran waktu, dan insha allah akan dilaksanakan sekitar di bulan Nopember 2023.

Semoga informasi yang disampaikan oleh Menpan-RB dapat membawa angin segar bagi para honorer dari tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan untuk mewujudkan mimpinya menjadi ASN PPPK di tahun 2023.


No comments:

Post a Comment

AKSI NYATA: MENYEBARKAN PEMAHAMAN MERDEKA BELAJAR

Dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang diterbitkan oleh Pemerintah melalui Kemdikbud Ristek, guru bisa melakukan pelatihan mandiri denga...