Wednesday, March 27, 2024

AKSI NYATA: MENYEBARKAN PEMAHAMAN MERDEKA BELAJAR

Dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang diterbitkan oleh Pemerintah melalui Kemdikbud Ristek, guru bisa melakukan pelatihan mandiri dengan cara masuk ke link PMM. Pelatihan Mandiri yang dilakukan oleh guru bisa mendapatkan sertifikat apabila secara keseluruhan selesaikan dengan baik. 

Dalam pelatihan mandiri guru juga bisa memilih berbagai topik yang akan dikerjakan sesuai dengan pilihannya. Salah satu contoh topik yang ada di PMM yaitu "Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar".

Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar memiliki 5 Modul, berikut ini admin sajikan kelima modul tersebut

Modul 1: Memahami dan mengenali diri sebagai pendidik

  1. Mengenal kekuatan dan kemampuan diri
  2. Mengenal karakteristik dan kebutuhan murid
  3. Adaptif terhadap perubahan
Modul 2: Mendidik dan mengajar
Sistem Among dengan Slogan :
  1. Ing ngarsa suntul ladha (Guru menjadi contoh yang baik/teladan)
  2. Ing madya mangun karsa (Guru memberi semangat kepada murid)
  3. Tut wuri handayani (Guru memberi dorongan)
Modul 3: Mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh
Merancang pembelajran yang berkelanjutan, terbuka dan berdasarkan kebudayaan bangsa dengan asas trikon (Kontinyu, konvergen dan konsentris).

Modul 4: mendidikan dan melatih kecerdasan budi pekerti
Memperhatikan biologis seperti rasa takut, malu, kecewa, iri, berani dan lain-lain. Memperhatikan bagian intelligble seperti kecakapan, keterampilan dan pengetahuan.

Modul 5: Pendidikan yang mengantarkan keselamatan dan kebahagian
Pendidikan merdeka belajar bertujuan untuk menciptkan pendidikan yang humanis, kerakyatan dan kebangsaan, agar siswa siap untuk hidup dan mengisi peran mereka dalam masyarakat.

Dalam tulisan ini admin mengerjakan topik "meneyebarkan pemahaman Merdeka Belajar" dengan Topik 1. Memahami dan mengenali diri sebagai pendidik.

Di bawah ini admin tampilkan link contoh Aksi Nyata : Menyebarkan pemahaman merdeka belajar dan sekaligus meminta tanggapan terhadap aksi nyata yang saya buat.

Link Tanggapan Aksi Nyata : Menyebarkan pemahaman Merdeka Belajar. gunakan akun belajar.id untuk login ke link Aksi Nyata.

Link Contoh Aksi Nyata: Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar

No comments:

Post a Comment

FORMAT DOKUMEN PENGELOLAAN KINERJA GURU DAN KEPALA SEKOLAH

Bapak dan Ibu Guru, saat ini kita disibukan dengan kegiatan mengerjakan Pengelolaan Kinerja di PMM, dimana kita harus melakukan observasi da...