Sunday, July 9, 2023

FORMAT LEMBAR PENILAIAN MATA PELAJARAN PKn

Penilaian adalah sebuah proses pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur ketercapaian suatu tujuan yang diharapkan. Karena tanpa sebuah proses penilaian apapun tidak akan tercapai dan tidak ada mengetahui hasilnya. 
Menurut Slavin (2011:262) penilaian merupakan suatu pengukuran sejauh mana siswa telah mempelajari tujuan yang ditetapkan bagi mereka.
Sedangkan Penilaian menurut Kunandar (2007:383) beliau menjelaskan bahwa dalam penilain ada 4 unsur pokok yaiutu: 1. Obyek yang dinilai, 2. Kriteria sebagai tolak ukur, 3. Data tentang obyek yang dinilai, 4. Pertimbangan keputusan (Judgement).
Berdasarkan definisi dari beberapa ahli di atas, bahwa penilaian dapat diartikan sebagai komponen dalam evaliuasi yang digunakan untuk mendapatkan informasi dalam bentuk apapun yang bersifat kualitatif yang dijadikan dasar sebagai pengambilan sebuah keputusan tentang tingkat pengetahuan siswa secara keseluruhan.
Untuk melakukan sebuah penilaian diperluakn sebuah intrumen yang berbentuk format penilaian. Berikut jenis-jenis penilaian : 
1. Lembar Penilaian Potofolio
2. Lembar Penilain Produk
3. Lembar Penilain Proyek
4. Lembar Penilaian Unjuk Kerja

Di bawah ini admin lampirkan format penilain yang bisa Bapak/Ibu unduh melalui Link Download di bawah ini.

Link Lembar Penilaian Mapel PKn, Klik di bawah ini !


No comments:

Post a Comment

FORMAT DOKUMEN PENGELOLAAN KINERJA GURU DAN KEPALA SEKOLAH

Bapak dan Ibu Guru, saat ini kita disibukan dengan kegiatan mengerjakan Pengelolaan Kinerja di PMM, dimana kita harus melakukan observasi da...